Selasa, 12 Agustus 2008

Pesona Alam Inonesia

SUNSET DAN SUNRISE DI PULAU PRAMUKA
Oleh : Dodi Sandradi

Sebagian masyarakat Jakarta beranggapan menikmati pesona alam pantai di Kepulauan Seribu harus mengeluarkan biaya yang mahal. Karena di samping membayar biaya transportasi yang mahal, tentunya juga harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk menginap di Resort.
Kepulauan Seribu selalu identik dengan Pulau Bidadari atau Pulau Umang yang dipenuhi oleh resort dan berbagai macam permainan air seperti Jet Ski, Banana dan lainnya.
Sebenarnya. untuk kita yang berkantong pas-pasan, dapat juga menikmati keindahan pesona Kepulauan Seribu, tentunya kita harus dapat menyesuaikan sesuai dengan budget yang kita miliki.
Pesona Kepulauan Seribu tidak hanya terletak di dua Pulau tersebut saja. Salah satu Pulau yang juga mempunyai pesona alam yang tak kalah indah dan menariknya adalah Pulau Pramuka. Jika kita ingin berwisata menikmati keindahan pantai, menikmati Sunrise, Sunset, memancing atau berbaur dengan aktivitas penduduk yang ramah, Pulau Pramuka adalah tempatnya
Pulau Pramuka merupakan salah satu Pulau diantara gugusan pulau-pulau yang terdapat di kepulauan seribu. Pulau ini berdekatan dengan beberapa Pulau lainnya seperti Pulau Panggang, Pulau Karya dan Pulau Semak Daun. Pulau Pramuka bisa ditempuh dari Ancol menggunakan Kapal Lumba-Lumba yang dikelola oleh Pemda DKI. Ongkosnya kurang lebih Rp. 35.000, dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam. Tapi kalau kita ingin lebih irit, kita bisa mencapai Pulau tersebut melalui Tempat Pelelangan Ikan Muara Angke dengan menggunakan Kapal Motor yang mamang lebih sering digunakan penduduk Pulau Pramuka dan sekitarnya jika ingin ke Jakarta. Ongkosnya jauh relatif lebih murah yaitu Rp. 15.000 per orang. Tapi waktu yang dibutuhkan dengan untuk mencapai Pulau ini jadi lebih lama, yaitu sekitar 2 Jam lebih.
Pulau Pramuka juga merupakan pusat administrasi Kabupaten Kepulauan Seribu. Penduduknya yang merupakan campuran masyarakat Banten asli dengan pendatang dari Bugis Sulawesi Selatan rata-rata mempunyai mata pencarian sebagai nelayan. Hampir semua penduduk di Pulau ini ramah dan menyenangkan. Anak-anak Pulau ini pun sangat antusias kalau menyambut tamu dari Jakarta yang akan mengunjungi Pulau mereka. Sungguh suasanya yang sangat menyenangkan.
Pulau ini juga telah dilengkapi fasilitas Rumah Sakit, Tempat Ibadah serta beberapa penginapan untuk para wisatawan. Penginapan di Pulau Pramuka memang tidak seperti yang ada di Pulau Bidadari yang berupa resort, tapi jangan berpikiran kalau penginapan disini tidak bagus. Salah satu penginapan atau villa yang menjadi favorit wisatawan di sini adalah Vila Lima. Villa dua lantai yang dapat menampung delapan orang telah dilengkapi dengan TV dan penyejuk udara. Sewanya pun tergolong murah .
Terakhir biaya sewa permalamnya adalah Rp. 200.000, cukup terjangkau terutama bila kita pergi berombongan.
Untuk makan, kita tak perlu repot. Karena banyak penduduk di sini yang menjual makanan. Warung-warungpun juga banyak menjual kebutuhan kita sehari-hari dengan harga yang masih wajar alias tidak mahal.
Dermaga Pulau Pramuka dengan airnya yang hijau bening hingga dasar laut terlihat, bisa kita nikmati sembari menikmati matahari terbenam. Di dermaga ini pun kita bisa memancing, dan yang tidak mempunyai alat pancing bisa membeli di warung-warung yang memang sudah disediakan penduduk sini. Ketika malam menjemput, rasa sepi dan tenang sangat terasa. Malam hari penduduk pulau jarang beraktivitas dan memilih tinggal di rumahnya.
Dari dermaga kita dapat melihat cahaya lampu yang berkilauan di Pulau Panggang yang letaknya persisi berseberangan dengan Pulan Pramuka. Angin laut yang berhembus dan debur ombak di malam hari siap mengantar pengunjung vila terlelap dalam mimpi dan bangun di pagi hari karena riuhnya aktivitas masyarakat. Bangun di pagi hari di Pulau ini memang tersa berbeda karena udara di sini lebih segar dan jauh dari polusi.
Aktivitas penduduk di pagi dan sore hari merupakan pemandangan tersendiri. Kalau ingin menikmati matahari terbit di pagi hari kita tinggal jalan sekitar 10 menit ke arah belakang Pulau. Pemandangannya sungguh luar biasa. Masih diantara remang sisa kegelapan malam, kita bisa melihat sedikit demi sedikit sinar mentari muncul dengan warna keemasannya dari bibir pantai yang bersih.Kita dapat melihat aktivitas kehidupan penduduk pulau ini yang kebanyakan dari mereka adalah nelayan dan petani rumput laut.
Di bibir pantai ini kita banyak saksikan pembudidayaan tanaman bakau yang berguna untuk kelestarian pulau ini, karena selain untuk makanan ikan, tanaman ini juga dapat m,encegah terjadinya abrasi. Tak jauh dari bibir pantai terdapat tempat penangkaran Penyu Sisik, sebuah proyek kemitraan antara Pemda DKI dengan pengelola Taman Impian Jaya Ancol dalam hal melestarikan satwa langka yang satu ini.
Kondisi populasi penyu sisik yang nyaris punah menyebabkan perlu adanya upaya penangkaran selain upaya perlindungan jenis dan habitatnya. Kegiatan penangkaran tersebut meliputi : penetasan telur semi alami dan perawatan tukik sampai siap untuk dilepas ke alam. Upaya ini dilaksanakan di Pulau Semak Daun, yang mana diharapkan secara berangsur-angsur dapat memulihkan populasinya yang terancam punah.
Di sini kita dapat dengan leluasa melihat penyu-penyu mulai dari ukuran anak-anak sampai yang sudah besar dan siap untuk dilepas ke laut. Ya mudah-mudahan dengan adanya penangkaran tersebut, jenis satwa langka yang satu ini dapat terus dilestarikan demi terjaganya keseimbangan alam.
Kembali untuk urusan wisata, kalau kita mempunyai uang lebih kita juga bisa menikmati diving serta snorkeling. Tentunya kita harus mengeluarkan biaya untuk menyewa perahu yang akan mengantar kita ke spot diving yang banyak di sekitar pulau Pramuka. Pakaian untuk menyelam dan alat-alat snorkeling pun di sewakan di sini. Jadi kita tinggal menggunakannya saja. Dengan Diving atau Snorkling kita dapat menyaksikan keindahan alam bawah laut yang memang banyak terdapat di sekitar Pulau Pramuka. Biasanya tempat yang indah untuk Diving atau Snorkling adalah sekitar Pulau Semak Daun yang tidak berpenghuni. Di sini kita akan dapat melihat sajian warna-warni dan aneka bentuk terumbu karang dan ikan hias nan elok.
Kesimpulannya Pulau Pramuka menyimpan keindahan alam yang sangat menawan, didampingi pulau-pulau mungil yang hijau, air yang jernih dengan deburan ombaknya, serta sinar matahari yang keemasan di waktu senja akan menentramkan hati kita, sesaat dapat melepaskan beban pikiran setelah penat dengan segala rutinitas di Ibukota. TAMAT

Tidak ada komentar: